![]() |
| Sekdis Dikbud NTB saat membuka kegiatan penguatan bagi guru SLB. |
MATARAM, TUPA NEWS.- Workshop Kompetensi Literasi Guru dan Pengimbasan Upgrading Kelompok Belajar (Kombel) Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Tahun 2025 resmi dimulai dengan penuh antusias. Kegiatan yang digelar pada Rabu (03/12/2025) di Lombok Garden Hotel tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Barat Jaka Wahyana, kegiatan yang bermuara sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memperkuat kualitas layanan pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
Workshop ini menghadirkan para guru dari berbagai SLB di seluruh kabupaten/kota se-NTB untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan literasi, sekaligus memperkuat peran kelompok belajar atau kombel sebagai pusat pembelajaran kolaboratif. Melalui sesi materi, diskusi, hingga praktik langsung, peserta dibekali strategi pembelajaran literasi yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik dengan beragam karakteristik.
Dalam sambutannya, Sekretaris Dikbud NTB menegaskan bahwa peningkatan kompetensi guru SLB merupakan langkah penting untuk mewujudkan pendidikan yang adil dan berkeadilan. Ia menyampaikan bahwa literasi bukan hanya sekadar kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan memahami, menafsirkan, dan menggunakan pengetahuan untuk memberdayakan diri dalam kehidupan. Karena itu, penguatan kompetensi guru melalui workshop ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di SLB, sekaligus membuka ruang bagi inovasi dan kolaborasi lintas sekolah.
Melalui kegiatan pengimbasan upgrading kombel, guru-guru SLB didorong untuk terus berbagi praktik baik dan memperkuat jejaring profesional, sehingga pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus dapat berlangsung lebih efektif, ramah, dan inspiratif.
Dikbud NTB mengajak seluruh elemen pendidikan untuk terus mendukung upaya peningkatan mutu guru, terutama dalam ekosistem pendidikan inklusif. Bersama-sama, NTB bergerak menuju layanan pendidikan yang bermutu untuk semua. (TN - 03)

COMMENTS