Inovasi pembelajaran di sekolah merujuk pada penerapan metode, pendekatan, atau teknologi baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Ini bertujuan untuk membuat proses belajar lebih menarik, relevan, dan efektif bagi siswa. Beberapa contoh inovasi pembelajaran antara lain pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kolaboratif, penggunaan teknologi, dan pembelajaran jarak jauh.
Salah satu Inovasi tersebut, salah satunya ada di SDN 5 Rabangodu Utara Kota Bima terkait inovasi mengenai literasi atau membaca pada Kelas Rendah (1 dan 2) yang diberi nama AKRAB PKH BERKARYA, yaitu akronim dari Ayo Rangsang Anak memBaca (AKRAB) dengan Papan Kartu Huruf (PKH).
Inovasi yang mulai di terapkan pada Agustus 2024 lalu dengan inovator Vitha Prihatini S. Pd, Nur Ningsih, S. Pd dan Nuraeni, S. Pd.
AKRAB PKH (Ayo Kita Rangsang Anak Baca dengan Puzzle PKH) adalah inovasi kreatif di bidang literasi anak yang dikembangkan oleh SDN 5 Rabangodu Utara Kota Bima. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca anak-anak melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Caranya adalah dengan memadukan aktivitas membaca dengan permainan edukatif berupa media game PKH (papan kartu huruf).
Berikut adalah poin-poin penting mengenai inovasi AKRAB PKH :
* Tujuan Utama: Meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa, terutama di kelas rendah (kelas 1 dan 2).
* Media: Menggunakan papan dan kartu huruf sebagai alat bantu. Kartu-kartu ini berisi potongan cerita, huruf/kata, atau gambar yang berkaitan dengan bacaan.
* Cara Kerja: Anak-anak diajak untuk menyusun potongan kartu huruf. Setelah kartu tersusun, mereka akan membaca isi cerita atau informasi yang terbentuk, lalu mendiskusikannya secara sederhana.
* Manfaat :
* Mengasah kemampuan membaca, logika, daya ingat, dan kerja sama tim.
* Membantu siswa mengenal dan memahami bentuk huruf, suku kata, dan kata sederhana secara visual dan kinestetik.
* Meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran membaca.
* Menyediakan alternatif media belajar yang murah dan mudah dibuat oleh guru atau orang tua.
* Keunggulan :
* Interaktif dan Praktis: Anak-anak belajar secara aktif dengan menyusun huruf langsung di papan.
* Mendukung Pembelajaran Diferensiatif: Media ini mudah disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa.
* Meningkatkan Daya Ingat Visual dan Motorik: Kombinasi melihat, menyentuh, dan menyusun huruf membantu pembentukan memori jangka panjang.
* Ramah Biaya dan Mudah Direplikasi: Papan dan kartu huruf bisa dibuat secara manual dan digunakan di berbagai kondisi kelas, termasuk di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).
* Meningkatkan Antusiasme: Anak-anak lebih tertarik belajar membaca melalui permainan ini.
Singkatnya, AKRAB PKH adalah metode belajar membaca yang inovatif dan menyenangkan, menggunakan media kartu dan papan huruf untuk merangsang minat baca serta kemampuan kognitif anak-anak. (***)
COMMENTS